Apa Itu Madu Kelengkeng? : Pengertian, Manfaat, Rasa dan Ciri Ciri

Apa Itu Madu Kelengkeng? : Pengertian, Manfaat, Rasa dan Ciri Ciri

Apa Itu Madu Kelengkeng? Memangnya ada ya? Bukannya madu semuanya sama? Sama sama berwarna kuning kental?


Ternyata madu memiliki banyak sekali jenis jenis dan keunggulannya masing masing loh. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis madu yaitu ada madu kopi, madu karet, madu klanceng, madu hutan sumatra dan madu madu yang lainnya.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang madu kelengkeng. Apa sih madu kelengkeng?


Apa Itu Madu Kelengkeng?


Madu kelengkeng merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah lebah yang berada di hutan yang didominasi oleh pohon pohon kelengkeng. 


Jika dibandingkan dengan madu yang lainnya, madu kelengkeng ini merupakan madu yang paling banyak dikonsumsi langsung tanpa dicampuri oleh apa apa.


Sayangnya dikarenakan para lebah penghasil madu kelengkeng menyerap nektar dari pohon kelengkeng, keberadaan madu kelengkeng ini begitu langka atau jarang ditemui karena tergantung musim kelengkeng atau tidak.


Madu kelengkeng ini mengandung beberapa kandungan kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa kandungan kandungan tersebut diantaranya adalah kandungan asam amino, zat besi, kalium,  zinc, serta beragam vitamin seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin B2 dan vitamin B3.


Karena kandungan yang cenderung banyak ini, madu kelengkeng memiliki banyak sekali manfaat. Nah manfaat madu kelengkeng beda nggak si sama madu pada umumnya? Berikut ini kami hadirkan penelusuran kami untuk anda.


Manfaat Madu Kelengkeng


Manfaat madu lengkeng atau kelengkeng ini beberapa diantaranya adalah dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh. Hal ini sangat penting dikonsumsi di era yang seperti ini sebab di era New Normal ini kita harus membekali diri dengan sistem daya tahan tubuh yang bagus agar tidak mudah sakit.


Manfaat madu kelengkeng yang selanjutnya adalah dapat membantu fungsi ginjal dan juga otak, mengobati sakit pada pinggang, mengobati luka bakar serta mempercepat pemulihan luka paska operasi.


Bagaimana dengan rasa madu kelengkeng


Rasa Madu Kelengkeng


Karena lebah penghasil madu kelengkeng ini menghisap nektar pada pohon kelengkeng rasa yang dihasilkan oleh madu yang satu ini cenderung lebih manis dan gurih dari pada madu madu yang lainnya.


Terus gimana ciri ciri madu yang satu ini? Apakah sama dengan madu yang lainnya? Berikut kami juga hadirkan penelusuran kami untuk anda.


Ciri Madu Kelengkeng


Secara kasat mata mungkin tampak madu kelengkeng ini tidak berbeda dengan madu madu yang lainnya. Dari segala ciri fisik seperti warna, aroma dan yang lainnya madu ini sama dengan madu yang lainnya.


Tapi masih bisa kita identifikasi madu yang satu ini karena memiliki ciri sebagai berikut.


1. Tidak mudah mengalami pengkristalan

Ada beberapa orang yang kerap menyimpan madu di lemar es. Nah jika madu yang lain dapat dengan mudah mengalami pengkristalan, namun tidak dengan madu yang satu ini karena madu ini tidak mudah mengeras ketika dimasukkan ke lemari pendingin.


2. Warnanya bisa kuning, coklat kemerahan atau transparan

Ya kepekatan warna dari madu ini berdasarkan dari seberapa banyak kandungan nektar yang diambil oleh lebah.

Apa Itu Madu Kelengkeng? : Pengertian, Manfaat, Rasa dan Ciri Ciri

3. Rasa dan tekstur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasannya madu memiliki rasa yang manis dan cenderung gurih. Rasa madu ini tidak asam apalagi kecut serta memiliki tekstur yang lembut ketika bersentuhan dengan tenggorokan.


4. Aroma

Madu kelengkeng seperti namanya mengambil nektar dari kelengkeng sehingga aromanyapun ada segar segar dari bunga kelengkeng serta tidak mempunyai bau yang menyengat. 


5. Reaksi saat dikocok

Bila anda menambahkan madu kelengkeng ini pada botol berisi air dan mengocoknya, madu kelengkeng asli menimbulkan banyak sekali busa. Dan busa busa yang satu ini tidak mudah menghilangkan.


6. Jika dicampur air dingin sulit akan larut

Pernah mencampurkan madu ke air? Biasanya madu yang dicampurkan dalam air akan larut bukan? Namun hal ini tidak berlaku bagi madu kelengkeng, bukan berarti tidak bisa ya hanya saja sulit membutuhkan waktu beberapa saat.


7. Memiliki sifat higroskopis

Sifat yang satu ini merupakan sifat madu jika dikeringkan di bawah sinar matahari tidak akan mengering.


Nah itulah beberapa sifat dari madu kelengkeng yang menjadi beberapa ciri madu kelengkeng. Seperti sudah dijelaskan di atas bahwasannya madu yang satu ini tergolong ke madu musiman sehingga harga dari madu yang satu ini bisa mahal untuk ukruan madu.


Jika anda berminat untuk membelinya, belilah madu yang benar benar asli untuk mendapatkan kebaikan kebaikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar