Ciri dan Manfaat Madu Klanceng, Lengkap!

Madu Klanceng Adalah

Madu Klanceng Adalah – Madu merupakan bahan nektar yang diperoleh dari lebah dan berasal dari bunga bungaan dan tumbuh tumbuhan. Orang awam mungkin hanya mengetahui jika madu adalah sesuatu yang memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang manis. 


Tapi ternyata madu ada jenis jenisnya loh. Ada madu hitam, madu klanceng dan madu yang lainnya. Madu klanceng adalah madu yang sangat populer sekali di kalangan masyarakat.


Madu ini terbilang madu “khusus” dikarenakan madu ini dihasilkan oleh lebah yang tak bersengat dan bernama Trigona sp. Nah untuk lebih jelasnya lagi, kira kira apa saja si ciri ciri dari madu yang satu ini? simak yuk!


Ciri Ciri Madu Klanceng


1. Madu klanceng asli lebih encer

Nah jika umumnya madu memiliki tekstur yang kental, berbeda dengan madu klanceng karena madu ini memiliki tekstur yang lebih encer. Kandungan air di dalam madu sebesar 30-35% dan asam dengan pH 3,05-4,55 dibandingkan dengan madu pada umumnya.


2. Madu klanceng asli disukai semut

Salah satu predator madu klanceng yang mengancam adalah semut. Pada habitannya agar semut semut tidak bisa masuk ke sarang mereka, pada lebah menghalanginya dengan memberikan getah getah yang tidak disukai semut.


3. Madu klanceng memiliki tingkat rasa yang berbeda beda

Tingkat rasa dari madu sendiri berbeda beda, ada yang berasa sangat asam, sangat pahit dan rasa rasa campuran keduanya. Hal ini disebabkan dari pengambilan nektar bunga apa yang di ambil, tak jarang madu ini juga memiliki rasa yang manis.


4. warna madu klaceng asli tergantung vegetasi

Masih ada hubungannya dengan poin nomor 3 tadi bahwasannya jenis madu yang mereka “hisap” berpengaruh juga pada warna madu yang dihasilkan.


Selain ciri ciri madu yang sedikit berbeda dengan madu pada umumnya, madu klanceng juga memiliki manfaat yang sedikit berbeda dari madu pada umumnya. Hmm kira kira apa saja ya manfaat dari madu itu? Jangan lewatkan yuk.


Manfaat Madu Klanceng

Madu Klanceng Adalah

1. Kaya akan antioksidan

Sudah tidak asing lagi jika madu merupakan salah satu jenis makanan atau minuman yang dikenal memiliki banyak sekali kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan salah satu zat penangkal terhadap resiko terkena berbagai macam penyakit. Senyawa dalam madu ini juga ternyata dapat menyembuhkan luka loh.


2. Penghilang infeksi

Madu klanceng memiliki kandungan antibakteri yang mana jika kita mengonsumsi madu yang satu ini dapat menyembuhkan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri bakteri sepeti E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. Brevis.


3. Antiperadangan

Manfaat madu klanceng yang terakhir adalah antiperadangan. Dilansir dari sehatq.com madu jenis madu klanceng memiliki senyawa yang diberi nama fenolik yang mana senyawa fenolik dapat melawan proses peradangan yang ada pada tubuh.


Nah itulah beberapa manfaat dari madu klanceng. Tapi selalu ingat ya, manfaat manfaat yang akan di dapatkan ini hanya akan terwujud jika Anda mengonsumsi madu klanceng asli. Jika Anda tidak mengonsumsi madu klanceng asli tentunya manfaat yang tadi sudah disebutkan tidak akan bisa dirasakan oleh tubuh Anda. Apalagi untuk penderita Diabetes, Madu Asli Untuk Penderita Diabetes haruslah madu yang benar benar murni seperti Madu Perhutani Wanajava.


Nah maka dari itu, pastikan terlebih dahulu ya madu yang Anda konsumsi itu asli atau tidak. Untuk cara pengonsumsiannya bisa dicampur dengan air hangat ataupun dibarengkan dengan bahan makanan yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar