Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Madu Hitam Dan Madu Biasa

Perbedaan Madu Hitam Dan Madu Biasa – Kebanyakan orang pasti akan berpikiran bahwasannya madu merupakan cairan kental berwarna kuning, padahal madu ternyata bukan hanya berwarna kuning dan memiliki tekstur yang kental saja. 

Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Madu Hitam Dan Madu Biasa

Tapi nyatanya di dunia ini ada loh madu yang berwarna hitam. Nah madu hitam merupakan madu yang biasanya banyak ditemukan di hutan hutan serta dihasilkan dari lebah yang tidak menyengat.


Madu hitam umumnya memiliki ciri fisik yang berwarna hitam pekat dengan rasa yang lebih pahit dari pada jenis madu yang lainnya. Loh mengapa si rasa madu itu berbeda beda?


Mengapa Rasa Madu Berbeda?


Rasa madu berbeda beda dikarenakan tumbuhan yang dihisap madu berbeda beda sehingga rasa yang dihasilkannyapun berbeda. Madu hitam sering juga dikaitkan dengan madu hutan dikarenakan letaknya yang di hutan.


Berikut ini kami paparkan kepada anda beberapa keunggulan dari madu hitam dan madu biasa.


Madu Hitam vs Madu Biasa


Sebenarnya madu hitam dan madu biasa seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya madu hitam memiliki warna cenderung ke warna hitam dan pekat sedangkan madu biasa memiliki warna kuning kecoklatan.

Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Madu Hitam Dan Madu Biasa


Bagaimana dengan teksturnya? Untuk teksturnya madu hitam lebih encer dan madu biasa lebih kental, tapi hal ini bisa saja menjadi kebalikannya tergantung kandungan air yang ada di dalamnya.


Selain itu, madu biasa umumnya dapat dengan mudah dikembangbiakkan sedangkan madu yang berwarna hitam atau madu hitam kurang bisa dikembangbiakkan karena habitat aslinya di hutan.


Selain itu terdapat sedikit perbedaan antara kedua jenis madu ini dalam segi manfaatnya. Kira kira apa saja ya yang menjadi keunggulan masing masing madu ini? Berikut yang pertama Madu Hitam dan Manfaatnya diikuti dengan Madu Biasa dengan Manfaatnya.


Keunggulan Madu Hitam


1. Sebagai antibiotik

Keunggulan madu hitam yang pertama adalah dapat digunakan sebagai antibiotik, madu hitam terbukti mengandung bakteriostatik yang mana dapat berfungsi untuk menghambat laju aktivitas bakteri.


2. Meningkatkan stamina

Boys, kini bilang bye bye pada obat kuat dikarenakan dengan mengonsumsi madu secara rutin nyatanya bisa juga digunakan sebagai penambah stamina. Efek ini juga akan membuat bertenaga dalam menjalani aktivitas sehari harinya.


3. Menurunkan kolesterol

Nah siapa nih disini yang sedang mengalami masalah yang satu ini? Jika anda adalah salah satunya, mungkin anda bisa mengonsumsi madu secara rutin. Tak hanya dapat menurunkan kolesterol saja yang mingggat namun dapat juga digunakan untuk meminimalisirkan adanya risiko terkena masalah jantung koroner.


4. Suplemen kesehatan

Di era seperti sekarang ini tentu kekebalan tubuh menjadi hal yang sangat penting bukan? Nah menyadari hal ini, nampaknya anda harus meminum madu hutan ini dikarenakan dengan mengonsumsi madu hutan ini sama saja anda mengonsumsi suplemen kesehatan yang banyak beredar di pasaran.


Keunggulan Madu Biasa


1. Menyehatkan jantung

Hampir sama seperti manfaat madu hitam tadi, manfaat madu biasa ini sudah didukung dengan adanya banyak penelitian. Di dalam madu biasa mengandung banyak senyawa. Yang bekerja pada manfaat ini beberapa diantaranya adalah senyawa antioksidan.


2. Membuat tidur lebih nyenyak

Madu mengandung gula alami yang bisa meningkatkan insulin yang dapat meningkatkan serotonin. Nah serotonin kemudian diubah menjadi melatonin yang membuat tidur menjadi lebih berkualitas.


3. Membersihkan pencernaan

Madu dapat dikatakan memiliki kandungan “antiseptik” yang kuat. Selain dapat membersihkan pencernaan, madu biasa juga dapat menyembuhkan luka luka ringan pada dinding usus loh.


4. Memperkuat daya ingatan

Hayo disini siapa yang  pelupa? Nah jika anda adalah orang yang pelupa, tidak salahnya untuk mengonsumsi madu biasa, sebab madu biasa umumnya dapat memperkuat daya ingat apalagi jika masih anak anak.


Nah itulah tadi perbedaan madu hitam dan juga madu biasa. Jadi pilih yang mana? Namun yang pasti pilihlah madu yang asli ya karena ini yang paling penting.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar