Menilik Madu Hitam Dan Segudang Manfaatnya, Lengkap!

Madu Hitam Dan Manfaatnya


Madu Hitam Dan Manfaatnya – Madu identik dengan warna kekuningan yang bertekstur yang kental. Nyatanya tidak semua jenis madu seperti itu loh dikarenakan madu ada juga yang memiliki warna yang lain seperti madu hitam yang seperti namanya memiliki warna yang hitam. 


Selain memiliki warna yang hitam, madu yang satu ini juga memiliki rasa yang berbeda dari madu pada umumnya, jika madu pada umumnya memiliki rasa yang cenderung manis madu yang satu ini memiliki rasa yang cenderung pahit. Madu Hitam Dari Lebah Apa si? Jawabanya adalah dari lebah hutan, maka dari itu madu ini banyak ditemukan di hutan.


Tapi dibalik rasanya yang pahit, madu ini memiliki sejuta manfaat terutama di bidang kesehatan loh. Hmm menarik ya? 


Madu ini memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan dikarenakan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan beberapa kandungan yang lain seperti madu biasa namun dengan tingkat yang lebih tinggi.


Dilansir dari gooddoctor.com kandungan kandungan madu hitam di antaranya


Kandungan Madu Hitam

Madu Hitam Dan Manfaatnya


1. Saponin

Saponin berguna untuk meningkatkan imun pada tubuh, mengurangi lemak yang ada pada tubuh dan dapat menjaga kadar stabilitas gua darah.


2. Flavonoid

Kandungan yang selanjutnya adalah Flavonoid. Kandungan yang satu ini berguna untuk  melancarkan peredaran darah, dapat mengurangi lemak, mengurangi kadar kolesterol dan sebagai anti oksidan yang baik.


3. Unsur kromium

Nah unsur yang satu ini berfungsi untuk apa si? unsur ini dapat membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin.


4. Zat alkaloid

Kandungan yang selanjutnya adalah Zat alkaloid. Zat yang satu ini ampuh berfungsi untuk anti infeksi yang sangat efektif.


5. Hemoglobin

Seperti yang kita ketahui, Hemoglobin dapat berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga vitalitas dan stamina tubuh tetap terjaga.


Nah itulah sedikit kandungan dari madu hitam. Jika sudah membicarakan kandungan, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan tentang manfaat si hitam ini bukan? Mari kita bahas satu persatu!


Apa Saja Manfaat Madu Hitam?

Madu Hitam Dan Manfaatnya


1. Madu Hitam Obat Ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup “menyeramkan” betul? Menurut dokter yang ada di Jakarta yaitu Dr H Hafuan Lutfi MB, madu hutan atau madu hitam ini dapat menyediakan mineral atau vitamin untuk metabolisme ginjal selama ginjal tersebut terganggu. Menurut beliau banyak kasus gagal ginjal yang sembuh dikarenakan terapi madu.


2. Madu Hitam Obat Asam Lambung dan Maag

Asam lambung menjadi salah satu masalah yang sering sekali diidap oleh Masyarakat yang ada di Indonesia.  Asam lambung yang naik, bisa menyebabkan maag. 


Nah dengan mengonsumsi madu hitam ini Anda bisa terhindar dari yang namanya masalah asam lambung dan juga maag. Tak hanya itu saja, madu hitam juga bersifat menetralkan lambung sehingga lambung akan kuat untuk mengonsumsi makanan asam maupun pedas. Tapi tetap perhatikan porsinya ya!


3. Madu Hitam Obat Kanker

Kandungan fenolat dan flavonoid yang tinggi pada madu hitam dapat mambantu menangkan kanker. Senyawa asam fenolat berfungsi untuk antioksidan alami yang dapat menghambat adanya radikal bebas di tubuh.


4. Madu Hitam Obat Penyakit Liver

Madu hitam dipercaya oleh kebanyakan orang bisa menjadi salah satu obat untuk mencegah ataupun untuk terapi penyakit liver sehingga dapat bekerja lebih maksimal lagi.


5. Madu Hitam Untuk Asam Urat

Madu Hitam bisa mengatasi asam urat? Ya betul sekali . Salah satu kandungan dalam madu hitam yaitu kandungan penetralisir toksin dalam madu hitam berguna untuk menetralisir substansi purin penyebab asam urat.


6. Madu Hitam Untuk Asma

Sampai sekarang ini belum ada yang benar benar bisa mengobati asma. Namun dengan gejala gejala asma bisa dikurangi dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin.


7. Madu Hitam Untuk Jantung

Penyakit jantung sering kali menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang betul? ada sebuah studi yang meneliti bahwasannya penyakit jantung koroner menjadi salah satu penyebab kematian yang paling tinggi, hii seramnya. 


Nah jika Anda mengonsumsi madu hitam ini insyaAllah Anda bisa terhidar dari penyakit jantung dan bagi Anda yang sudah memiliki masalah jantung bisa terselesaikan dengan rutin mengonsumsi madu hitam.


8. Madu Hitam Untuk Wasir

Wasir atau sering disebut juga dengan ambien merupakan penyakit yang diderita di daerah dubur. Biasanya akan terasa sakit dan mengeluarkan cairan darah berupa tetesan atau dalam jumlah yang banyak. Nah dengan rutin mengonsumsi madu hitam secara rutin bisa mengurangi risiko dan mengobati masalah yang satu ini.


9. Madu Hitam Untuk Wajah

Nah ini nih sangat cocok untuk mengatasi masalah pada wajah Anda dan dapat juga untuk membuat wajah Anda tampak lebih cerah dan bersih dari pada sebelumnya. Dengan rutin mengonsumsi madu hitam ini Anda bisa mengatasi masalah masalah diwajah seperti masalah jerawat mulai jerawat biasa hingga jerawat batu, menghaluskan dan mencerahkan kulit dan dapat menghilangkan luka di wajah.


Nah itulah tadi kesembilan manfaat madu hitam. Untuk pengomsumsiannya Anda bisa mencampurkannya dengan air hangat dengan sewajarnya saja ya dan pastikan Anda mengonsumsi madu hitam yang asli dikarenakan jika Anda tidak mengonsumsi madu yang asli tentu manfaat manfaat yang tadi sudah dijelaskan tidak akan bekerja secara maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan lupa share agar kerabat, teman dan keluarga Anda mengetahuinya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar