Bahas Tuntas Madu Asli Untuk Penderita Diabetes!

Madu Asli Untuk Penderita Diabetes

Madu Asli Untuk Penderita Diabetes – Diabetes merupakan penyakit kronis yang biasanya ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) yang ada pada darah. Glukosa sendiri merupakan sumber energi utama pada sel tubuh manusia. 


Gula atau Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Nah jika diabetes ini tidak dikontrol dengan baik maka bisa menimbulkan komplikasi yang bisa membuat nyawa seseorang menjadi melayang. Hii seramnya!


Jenis Jenis Diabetes


Secara umum, diabetes ada dua jenis yaitu diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua. Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal yang satu ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah meningkat dan kerusakan pada beberapa organ tubuh.


Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak diderita. Diabetes jenis yang satu ini disebabkan oleh sel sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin sehingga insulin yang pankreas hasilkan tidak dapat digunakan dengan baik.


Dari keseluruhan penderita diabetes di seluruh dunia, 90-95%-nya menderita diabetes tipe dua. 


Nah jika kita terserang penyakit diabetes, apa saja si gejalanya? Gejala gejala dari penyakit yang satu ini beberapa di antaranya adalah sering merasa haus, sering buang air kecil terutama pada malam hari, sering merasa lapar, turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, lemas, pandangan mengabur dan luka sulit sembuh.


Mengapa Orang Bisa Terkena Diabetes?


Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi mengapa seseorang bisa terkena penyakit diabetes ini. Untuk diabetes tipe 1 faktor penyebab mengapa orang bisa terkena masalah yang satu ini beberapa di antaranya adalah memiliki riwayat keluarga yang terkena diabetes tipe satu, menderita infeksi virus, orang yang berkulit putih diduga lebih mudah untuk terkena diabetes tipe satu dan bepergian ke daerah yang jauh dari khatulistiwa.


Bagaimana dengan faktor penyebab diabetes tipe dua? Faktor penyebab diabetes tipe dua beberapa diantaranya adalah kelebihan berat badan, faktor keturunan, kurang aktif dalam melakukan aktivitas sehari hari (kaum rebahan hati hati ya!), menderita darah tinggi dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi.


Um, orang diabetes tidak boleh makan yang manis manis dong? Lalu bagaimana dengan madu? Meskipun manis, madu kan memiliki banyak sekali manfaat apalagi Manfaat Madu Untuk Kesehatan beuh banyak sekali


Apakah Madu Aman Untuk Penderita Diabetes?


Beberapa ahli merekomendasikan agar para penderita diabetes untuk selalu bijak dalam mengonsumsi asupan manis dan karbohidrat betul? 


Dokter M. Regina Castro, M.D. dari Mayo Clinic, menerangkan bahwasanya minum madu untuk penderita diabetes sebenarnya tidak ada bedanya dengan mengonsumsi gula. "Madu dan gula sama-sama bisa meningkatkan kadar gula darah," jelas dia, seperti dilansir laman resmi setempat.


Menurut Dokter Castro, sejumlah madu juga cenderung lebih manis dari gula, memiliki karbohidrat dan kalori lebih tinggi ketimbang gula pasir. 


"Penderita diabetes yang sesekali ingin minum madu, silakan. Tapi dalam jumlah kecil atau tidak berlebihan," kata dia. 


Ia juga menyarankan sebelum minum madu penderita diabetes tetap menghitung konsumsi karbohidrat total sepanjang hari agar gula darah tetap terkontrol. Selain itu, konsultasikan dengan dokter terkait jenis diet yang tepat saat penderita diabetes ingin minum madu.


Para ahli tidak semuanya sepakat madu boleh dikonsumsi penderita diabetes. Studi yang pernah dilaksanakan memang menunjukkan, madu memiliki zat antiperadangan dan antioksidan yang cukup banyak. 


Keduanya penting bagi penderita diabetes karena gula darah tinggi dapat meningkatkan peradangan. Namun, perlu dipertimbangkan, banyak jenis makanan lain yang tinggi antioksidan tanpa membuat gula darah melonjak. Misalkan sayur dan buah-buahan. 


Namun jika penderita diabetes ingin mengonsumsi madu selalu pastikan bahwa madu yang dikonsumsi adalah madu yang ASLI dan MURNI sehingga tidak ada campuran bahan bahan yang lainnya. 


Bagaimana efek madu terhadap penderita diabetes?

Madu Asli Untuk Penderita Diabetes

Madu mengandung 80% karbohidrat yang sebagian besar adalah fruktosa dan glukosa. Fruktosa merupakan hasil pemecahan karbohidrat yang lambat diserap oleh usus. Hal ini memberikan respon yang lambat pada kenaikan kadar gula darah dibandingkan dengan jenis karbohidrat lainnya. Karakteristik fruktosa ini membuat madu dianggap dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gula yang cocok untuk penderita diabetes.


Akan tetapi, madu juga mengandung glukosa yang tinggi dimana glukosa ini cepat diserap dan kadar gula darah dapat meningkat dengan cepat. Selain itu, glukosa juga menyebabkan frutosa lebih cepat diserap oleh usus, sehingga keuntungan fruktosa yang diharapkan berkurang bila fruktosa dan glukosa dikonsumsi secara bersamaan.


Untuk porsi pengonsumsian dari madu itu sendiri pengonsumsiannya harus lebih sedikit dari pada biasanya untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Selain itu, jika Anda kurang yakin untuk pengonsumsian dari madu ini Anda juga bisa mengonsultasikan kepada dokter Anda.


Nah untuk pengonsumsiannya bisa dicampurkan dengan air minum atau bisa juga makanan namun jangan makanan yang manis ya! Dan yang paling penting adalah selalu konsumsi madu yang asli karena madu yang asli belum ditambahi kandungan kandungan yang lain yang mungkin saja merugikan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar