Madu Hitam Dari Lebah Apa : Kupas Tuntas Kandungan dan Manfaat Madu Hitam

Madu Hitam Dari Lebah Apa

Madu Hitam Dari Lebah Apa – Madu umumnya berwarna kuning dan bertekstur kental, namun apa jadinya jika namanya saja madu hitam, tentu warnanya berwarna hitam dong? Perlu Anda ketahui bahwasannya madu ada banyak jenisnya dan berbeda warna pula.


Kembali lagi ke pokok pembahasan madu hitam, sebenarnya apa itu madu hitam? Madu hitam adalah madu yang memiliki ciri khas warna yang berwarna kecoklatan hingga hitam dan memiliki rasa cenderung pahit dan oleh kebanyakan orang disebut juga dengan madu hitam pahit. 


Rasa pahit yang ada pada madu hitam dihasilkan oleh madu liar yang mengambil sari dari pohon mahoni dan pohon pohon yang lainnya. Madu hitam ini banyak ditemukan di hutan hutan yang ada di Indonesia namun paling banyak terdapat di hutan yang ada di Kalimantan.


Kandungan Madu Hitam


Warna dan rasa madu hitam tentu berbeda dengan madu lainnya, hal ini disebabkan karena kandungan madu hitam berbeda.


Madu hitam lebih banyak mengandung senyawa fenolik, senyawa fenolik ini memiliki fungsi sebagai antioksidan. Sehingga kandungan antioksidan madu hitam jauh lebih tinggi dibandingkan jenis madu lainnya. Sama seperti madu yang beredar di pasaran, madu hitam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.


Nah karena kandungannya lumayan berbeda, maka manfaat yang dihasilkan pun agak berbeda. Apa saja manfaat dari madu yang satu ini? Manfaat Madu di antaranya adalah


Manfaat Madu Hitam


1. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol yang jahat bisa menyumbat pembuluh darah dan jika ini terjadi maka bisa menimbulkan penyakit jantung maupun struk. Madu hitam memiliki bermanfaat menurunkan risiko terkenanya jantung ataupun struk serta menstabilkan tingkat kolesterol yang ada pada darah. Untuk pengonsumsiannya, Anda cukup mengonsumsi 2 sendok makan madu hitam dan lakukan secara rutin agar khasiatnya terlihat. 


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kekebalan tubuh pastinya sangat diperlukan bukan? Dengan Anda rutin untuk mengonsumsi madu ini Anda senantiasa menjaga imun tubuh Anda agar tetap kuat. 


Kandungan antioksidan flavanoid yang cenderung lebih tinggi dari pada madu madu jenis yang lainnnya menjadikan madu yang satu ini lebih unggul dalam hal menjaga imun tubuh Anda dari pada jenis madu yang lainnya.


3. Menyembuhkan gangguan pernapasan

Madu Hitam Dari Lebah Apa


Madu hitam pahit diibaratkan obat antibotik dikarenakan madu yang satu ini memiliki sifat yang diberi nama sifat bakteriostatik. Nah dengan adanya sifat yang satu ini, madu ampuh untuk menyembuhkan infeksi pada gangguan saluran pernapasan seperti asma dan yang lainnya. Selain penyakit pernapasan seperti asma, penyakit seperti batuk, sakit tenggorokan juga akan minggat ketika Anda rutin mengonsumsi madu yang satu ini.


4. Meredakan gejala maag

Hayo siapa yang sering mengalami sakit di bagian atas perut dikarenakan penyakit maag? Ya, sebagian masyarakat yang ada di Indonesia umumnya pernah merasakan yang namanya penyakit maag. Konsumsi 1 sendok teh madu perhari (pengonsumsian bisa dicampur teh, atau minuman yang lainnya) rasa nyeri perlahan lahan akan mereda karena efek dari pengonsumsian madu.


5. Aman bagi penderita diabetes

Pengonsumsian Madu Asli Untuk Diabetes memang masih menjadi pro dan kontra dibidang kesehatan sebagian dokter memperbolehkan dan sebagian lagi tidak menganjurkan. Tapi yang pasti, karena rasa dari madu yang satu ini pahit maka kandungan gula dari madu yang satu ini cenderung lebih sedikit.


6. Mempercepat penyembuhan luka

Madu Hitam Dari Lebah Apa


Ha madu dapat menyembuhkan luka? Ya madu dipercaya dapat menyembuhkan luka yang ada pada kulit. Oleskan madu pada luka secara merata untuk pemakaiannya. Kandungan antibakteri dan pH dalam madu dapat menyembuhkan luka secara efisien.


7. Meredakan asam urat

Asam urat adalah penyakit dengan rasa nyeri di bagian persendian. Tidak jarang rasa sakit berlebihan membuat orang sulit berjalan.


Madu hitam bisa digunakan untuk bagi penderita asam urat juga loh. Untuk mengambil khasiat ini, campur 1 sdm madu hitam pahit dicampur dengan ½ sdt bubuk kayu manis. Konsumsi secara rutin sebelum makan pagi. Campuran ini bisa kamu oleskan juga pada sendi yang pegal dan nyeri.


8. Mencegah risiko kurang darah 

Anemia atau kurang darah disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Banyak dampak negatif yang bisa timbul dikarenakan kekurangan zat besi seperti muka kering dan pucat, rambut rontok, sakit kepala, dan sering pingsan.


Untungnya, madu hitam pahit kaya akan zat besi. Rutin mengonsumsi minimal 1 sdm madu hitam tiap hari bisa membantu mencegah kamu dari bahaya anemia.  


9. Meningkatkan stamina

Madu hitam memiliki kandungan asam fenolat dan Vitamin B6 yang tinggi. Bagi yang sering merasa jenuh dan letih lesu, coba konsumsi madu hitam agar keseharian lebih produktif.


Itulah beberapa manfaat utama dari madu yang berwarna hitam. Jika Anda ingin mengonsumsi selalu pastikan Anda mengonsumsi madu yang asli dan terjamin. Semakin banyak penjual nakal yang ada di pasaran membuat Anda harus memiliki sifat yang hati hati dan jangan asal percaya.


Teruntuk orang orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu maka sebaiknya konsumsikan terlebih dahulu kepada dokter yang menangani Anda. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar