Ternyata Ini Dia Madu Yang Bagus Untuk Anak

madu yang bagus untuk anak | +62 823-2944-0002

Madu Yang Bagus Untuk Anak - Sebagian orang mungkin telah mengtahui bahwa rutin mengkonsumsi madu memang baik meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsi rutin oleh anak-anak. Namun, kita harus mengetahui madu apa dan madu bagaimana yang bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Untuk yang pertama lebih baiknya jika kita mengetahui apa perbedaan antara madu asli/murni dan madu campuran.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai madu asli/murni dan madu campuran, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan madu. Madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah dengan cara mengumpulkan nektar pada bunga untuk kemudian dijadikan sebagai madu. Lebah mengumpulkan nektar dari berbagai bunga. Namun, lebah lebih sering mengumpulkan nektar bunga yang ada disekitar tempat mereka tinggal. Sehingga madu dapat digolongkan menjadi beberapa jenis madu sesuai dengan jenis nektar bunga yang meraka kumpulkan dan menjadikannya menjadi madu.

madu yang bagus untuk anak | +62 823-2944-0002


Madu asli atau sebagian orang menyabutnya dengan madu murni adalah madu yang sudah diolah namun tidak diberi bahan tambahan, sehingga madu tersebut benar-benar murni. Madu ini biasanya memiliki warna yang pakat. Terkadang didalam cairan madu masih terdapat serbuk sari atau rumah lebah yang tersisa setelah melalui proses penyaringan. Madu ini memiliki rasa manis tanpa ada bahan pemanis tambahan.

Karena tidak ada bahan tambahan yang campurkan kedalam madu, sehingga madu ini memiliki tekstur yang sangat kental. Tekstur yang sangat kental ini membuat madu agak sulit untuk ditelan, terlebih lagi jika dikonsumsi oleh anak-anak. Alhasil anak-anak kurang suka dengan madu ini. Meskipun demikian, madu asli/murni memiliki khasiat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan madu campuran karena diproses secara alami dan tanpa bahan tambahan.

Sedangkan madu campuran adalah madu murni yang telah melawati proses pengolahan dengan menggunakan bahan tambahan untuk menunjang manfaatnya. Bahan yang digunakan untuk menjadi bahan campuran pada madu adalah temulawak, royal jelly atau kurma. Berbeda dengan madu murni, madu ini memiliki tektur yang lebih cair karena bahan tambahan tersebut.

Madu ini mempunyai warna yang jernih dan juga bersih, sehingga anak-anak cenderung akan lebih tertarik dengan madu ini. Aroma yang dihasilkan madu ini juga bukan hanya aroma khas madu, melainkan terdapat juga aroma dari bahan yang ditambahkan pada madu. Khasiat yang dimiliki madu ini pasti berbeda dengan madu murni, khasiat madu berbeda tergantung dengan bahan campuran apa yang ditambahakan pada madu.

Tentunya kita sebagai orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak kita, mulai dari pertumbuhan anak hingga dewasa. Kesehatan anak tentu juga sangat penting bagi orang tua. Untuk itu kita dapat memulainya dari anak kita masih kecil dengan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Yaitu dengan rutin mengkonsumsi madu. 

Seperti uraian diatas merupakan perbedaan antara madu murni dan madu campuran. Sebenarnya kita dan juga anak bebas untuk mengkonsumsi dan memilih madu sesuai dengan kebutuhan kita, namun juga dengan porsi yang tepat.

Memilih madu yang tepat memanglah susah-susah gampang, karena banyaknya penjual madu yang menjual madu dengan kedok madu murni namun bukan madu murni yang didapat melainkan madu palsu. Madu palsu sangatlah tidak baik untuk dikonsumsi terlebih yang mengkonsumsi adalah anak-anak. Untuk itu mari kita simak cara menguji madu asli atau madu palsu.

Cara Menguji Madu ASLI atau PALSU

madu yang bagus untuk anak | +62 823-2944-0002

1. Menguji madu dengan membekukannya

Untuk menguji madu asli atau palsu, kita dapat membekukan madu dengan menggunkan freezer. Madu palsu akan membeku jika madu diletakan pada freezer. Namun madu asli tidak akan membeku setelah di letakan pada freezer beberapa waktu.

2. Meneteskan madu kedalam air

Cara ini adalah cara menguji madu yang sangat mudah. Cukup teteskan sedikit madu kedalam air. Jika madu tercampur kedalam air maka madu tersebut madu palsu. Sebaliknya jika madu tidak tercampur dengan air maka madu tersebut adalah madu asli. Madu palsu akan bercampur dengan air karena terdapat bahan tambahan pada madu.

Cara uji madu diatas merupakan cara menguji madu yang paling mudah dan praktis. Dengan menguji madu kita dapat memilih madu mana yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh anak. Banyak manfaat yang bisa didapat jika si kecil mengkonsumsi madu secara rutin. Seperti yang telah tertulis di atas, madu baik untuk menginkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh anak. Tidak hanya itu, madu juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, berikut merupakan manfaat madu bagi anak jika rajin mengkonsumsi madu.

Manfaat Madu Untuk Anak

madu yang bagus untuk anak | +62 823-2944-0002

1. Sumber energi dan mendukung akivitas anak

Madu mengandung banyak gula alami, yaitu fruktosa dan juga glukosa. Kandungan gula alami ini bersumber dari karbohidrat yang dibutuhkan anak sebagai bahan bakar atau energi supaya anak lebih semangat untuk menjalani aktivitasnya.

2. Meredakan sakit batuk dan pilek

Madu dapat meredakan batuk dan pilek pada anak, bahkan tak kalah manjurnya dengan obat batuk biasa. Cukup berikan 1-2 sendok teh pada anak sebelum mereka tidur. Khasiatnya akan terlihat saat anak tidur, mereka akan tertidur dengan nyaman dan juga nyenyak.

3. Baik untuk sistem pencernaan anak

Madu menganduk bakteri baik untuk pencernaan. Menurut penelitian madu dapat meredakan gangguan pencernaan seperti konstipasi dan nyeri perut pada anak. Sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan si anak. Madu juga dapat mengingkatkan nafsu makan anak.


Kita harus jeli melihat komposisi bahan dan kandungan madu sebelum membeli madu tersebut. Kita dapat menyesuaikan jenis madu apa dan bagaimana sesuai dengan kebutuhan anak. Pilihlah jenis madu sesuai dengan kebutuhan serta yang paling disukai anak dan bisa menunjang tumbuh kembang anak. Dengan hal tersebut kita dapat menjaga anak kita menjadi dengan baik terkait dengan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar