Perhatikan Cara Mengkonsumsi Madu yang Benar!

cara mengkonsumsi madu | +62 823-2944-0002

Cara Mengkonsumsi Madu - Madu adalah cairan yang mengandung banyak zat gula dan dihasilkan secara alamiah oleh lebah dari nektar bunga dengan rasa yang manis. Madu merupakan salah satu hasil alam dari banyaknya hasil alam lainnya yang non-kayu. 

Meskipun memiliki rasa yang manis, namun madu memiliki rasa manis yang berbeda dengan gula dan pemanis lainnya. Madu dapat digunakan sebagai bahan tambahan, contohnya seperti bahan tambahan pada makanan dan minuman. Nenek moyang sering menggunakan madu sebagai tambahan rasa manis pada makanan dan minuman mereka.

Ada berbagai jenis madu yang terdapat diseluruh dunia. Kurang lebih terdapat 300 jenis madu, dengan masing-masing jenis digolongkan menurut sumber bunga yang digunakan oleh lebah untuk mengumpulkan dan menjadikannya seagai madu. Berikut merupakan 4 dari 300 lebih jenis madu dan juga manfaatnya.

Jenis Madu dan Manfaatnya


  • Madu Bunga Kapuk

Madu lebah yang terdapat di area hutan randu dari peternak lebah. Madu randu yang berwarna cokelat muda agak bening dan memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam pada madu. Madu randu memiliki khasiat yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan sakit  demam dan flu, sebagai obat sariawan dan juga menghilangkan bau pada mulut.
  • Madu Karet

Merupakan salah satu jenis madu dihasilkan dari nektar bunga karet dari hutan karet yang telah dihisap oleh lebah madu yang diternakan di area hutan, yaitu hutan karet. Walaupun  ada beberapa jenis bunga yang tumbuh di area hutan, namun bunga karet lebih mendominasi dibandingkan dengan bunga lainnya. 

Sehingga madu ini diberinama dengan nama tersebut, madu bunga karet. Madu ini memiliki sifat khas. Sifat khas tersebut adalah dapat mengkristal seperti gula jika madu karet disimpan dalam jangka waktu lama. Khasiat yang dilimikimadu karet yaitu dapat untuk menyembuhkan sakit hepatitis, mengobati luka bakar, mengatasi keputihan, dan meredakan alergi serta rasa gatal.

  • Madu Bunga Liar

Madu satu ini dihasilkan oleh lebah dengan mengumpulkan nektar dan membuat madu dari bunga-bunga liar. Madu ini memiliki rasa dan juga komposisi madu yang bervariasi, yaitu tergantung pada bunga-bunga yang mekar waktu madu dibuat. Madu yang satu ini mempunyai banyak manfaat kesehatan, karena nutrisi yang kaya dan sifat anti mikroba yang dimiliki madu bunga liar. 
  • Madu Kelengkeng

Madu jenis ini telah digunakan sejak dahulu untuk kesehatan dan juga digunakan untuk kecantikan. Madu satu ini diproduksi terbatas, karena hanya dipeoduksi saat musim lengkeng tidak pada musim-musim lainnya. 

cara mengkonsumsi madu | +62 823-2944-0002


Terdapat sebuah yaitu penelitian pada tahun 2006 yang telah disebarkan pada BMC Complementary and Alternative Medicine, para ilmuwan tersebut dapat menyatakan dan menyimpulkan bahwa mengganti gula dengan madu dapat meningkatkan mikroflora didalam usus, yang tentunya baik untuk kesehatan sistem pencernaan. 

Selain hal tersebut, kandungan alami pada madu yang berupa hidrogen peroksida berasal dari enzim lebah dapat bekerja sebagai antibiotik alami untuk berbagai luka, seperti luka bakar dan luka tergores.

Uraian diatas merupakan apa saja jenis dan khasiat berbagai jenis madu. Adapula suatu peneliti dari Penn State College of Medicine yang menyatakan bahwa madu bisa membantu untuk meredakan infeksi pada saluran pernafasan atas dan juga batuk. 

Seperti yang telah diterbitkan pada suatu jurnal, yaitu jurnal Archives of Pediatric and Adolescent Medicine pada Desember 2007. Selain hal tersebut, para peneliti dari University of California-Davis juga telah menemukan kandungan antioksidan pada madu  yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

cara mengkonsumsi madu | +62 823-2944-0002


Kita tidak akan mendapatkan khasiat dari madu jika kita tidak mengkonsumsi madu. Maka dari itu terdapat cara sehat untuk mengkonsumsi madu agar mendapatkan khasiat tersebut secara maksimal. 

Para ahli menegaskan untuk berapa banyak madu yang baik untuk dikonsumsi. Kalori pada madu lebih banyak dibandingkan dengan gula biasa, sehingga kita tidak boleh megkonsumsi madu secara berlebihan. Cukup dengan 2 sendok teh atau 1 sendok makan per-hari.

Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana mengkonsumsi madu dengan baik dan juga benar mari simak aturan mengkonsumsi madu berikut ini.

Cara Mengkonsumsi Madu yang Benar

cara mengkonsumsi madu | +62 823-2944-0002

  • Waktu terbaik untuk mengkonsumsi madu

Pada dasarnya madu dapat dikonsumsi kapan saja dan pada waktu apapun. namun, pakar kesehatan merekomendasikan agar konsumsi madu di pagi hari saat keadaan perut masih kosong karena akan membuat tubuh mendapatkan tambahan energi. 

Dengan keadaan perut kosong akan membuat nutrisi pada madu dapat lebih mudah berinteraksi dengan enzim perut, sehingga nutrisi pada madu terserap maksimal.
  • Takaran tepat madu sebagai pengganti gula atau pemanis

Mesikup madu lebih aman dibandingkan dengan menggunakan gula biasa, namun tetap saja madu dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini berarti, seseorang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi madu baik bagi penderita diabetes maupun pre-diabetes. 

Kita dapat berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui berapa takaran madu yang tepat atau memilih madu yang aman. Perlunya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu karena, hal tersebut disebabkan oleh adanya produk madu di pasaran yang juga sudah diberi gula tambahan tau pemanis tambahan.

Pada satu sendok teh madu terdapat 21 kalori. Sehingga mengkonsumsi madu sebaiknya dibatasi, yaitu sekitar dua sendok teh saja jika memang kita harus membatasi asupan kalori harian kita.

  • Cara Mengkonsumsi Madu

Cara mengkonsumsi madu agar dapat lebih mudah dicerna adalah dengan mencampurkan madu dengan air mineral. Akan lebih baik lagi jika air mineral tersebut disesuaikan dengan suhu ruangan.

Jika dikonsumsi denngan suhu yang ekstrim dikhawatirkan dapat merusak enzim yang terkandung dalam madu. Minum madu yang telah dicampur dengan air akan membuat tubuh mendapatkan sumber energi dengan lebih cepat.

Dengan mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi madu dengan baik dan juga bener kita dapat merasakan khasiat madu dengan maksimal pula. Dari uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa, banyak khasiat yang dapat kita rasakan setelah mengkonsumsi madu. Dengan catatan mengkonsumsi madu dengan porsi atau takaran yang wajar dan telah ditentukan. Akan lebih baik lagi jika madu yang dikonsumsi adalah madu murni atau asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar