Tak Disangka, Ternyata Ini Makanan Lebah Madu

makanan lebah madu | +62 823-2944-0002

Makanan Lebah Madu - Lebah madu merupakan serangga sosial yang sarat akan manfaat, segala sesuatu yang dihasilkan oleh lebah madu sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Lebah merupakan termasuk kedalam ordo Hymenotera yang memiliki arti Saya Bening. Lebah madu selalu hidup berkoloni, dan rata-rata pada setiap koloni ada kisaran 60 s.d 70 ribu lebah dalam satu sarang dan lebah madu mempunyai 7 species

Proses Pembuatan Madu Oleh Lebah


Lebah madu menghasilkan madu, cairan kental dengan rasa manis ini terbuat dari nektar dari tanaman berbunga yang telah dikumpulkan oleh lebah. Lebah yang menghasilkan madu biasanya ialah lebah madu, nektar yang diperoleh oleh lebah kemudian akan diekstraksi dari yang awalnya bunga menggunakan lidah lebah. 

Jadi dalam sebuah koloni lebah madu beberapa lebah memang ada yang bertugas sebagai pembawa nektar dari bunga dan lebah tersebut biasa disebut dengan lebah pekerja. Lebah pekerja mempunyai kantung yang bisa menyimpan nektar yang diperoleh dari bunga, 

Kantong tersebut mempunyai kapasitas yang dapat menampung nektar antara 150 s.d 1500 yang dihasilkan dari bunga. Dan dalam proses tersebut lebah juga membantu bunga dalam menghantarkan serbuk sari yang akan membantu dalam proses pembuahan bunga.

makanan lebah madu | +62 823-2944-0002


Setelah kantung pembawa nektar tersebut terisi penuh, maka para lebah madu tersebut akan kembali ke sarangnya. Dan di sarang sendiri sudah ada beberapa lebah yang menunggu kembalinya lebah pekerja tersebut. 

Lebah ini dinamakan dengan lebah rumahan, yang kemudian lebah ini akan menerima nektar yang dibawa lebah pekerja. Yang nantinya nektar tersebut akan diproses dalam mulut dan perut lebah rumahan. 

Didalam mulut dan perut lebah rumahan memiliki enzim - enzim tertentu. Dan enzim ini berfungsi sebagai pemecah bentuk gula yang terdapat pada nektar yang memiliki bentuk disakarida menjadi monosakarida, sehingga bentuknya akan lebuh sederhana.

Dan hasil dari pengolahan nektar tersebut kemudian akan diletakan oleh para lebah di sarangnya. Mulanya, nektar mempunyai kandungan air sebesar 70 s.d 80 % maka dari itu bentuknya sangatlah cair. 

Akan tetapi, setelah melewati beberapa proses, kadar air tersebut akan turun hingga mencapai 18% saja. Nah dari situlah wujudnya menjadi kental, dari penurunan kadar air ini terajadi dikarenakan proses pengolahan menggunakan enzim dan juga suhu yang terdapat disarang lebah, yang pada umumnya sangat cukup dapat membuat kadar airnya menguap. Dan pada akhirnyalah nektar yang berbentuk gula yang sudah disederhanakan dan wujudnya menjadi kental inilah yang kita sebut madu.

makanan lebah madu | +62 823-2944-0002


Dan rasa madu yang dihasilkan itu terpengaruh loh dengan jenis nektar yang dihasilkan dari bunga apa atau apabila lebah itu diternakan maka makanan apa yang diperoleh oleh lebah madu tersebut. 

Lebah juga memerlukan nutrisi – nutrisi tertentu guna bertahan hidup dan juga berkembang biak. Para lebah madu memenuhi kebutuhanya dengan menggunakan nektar dan dari serbuk sari tanaman. 

Namun pada musim gugur dan juga pada musim dingin, para lebah tidak bisa memenuhi kebutuhannya secara alami dengan menggunakan tanaman, dan para lebah harusla menyesuaikan siklus hidupnya.

Makanan Lebah Madu Adalah

makanan lebah madu | +62 823-2944-0002

Lebah akan berkembang biak di musim semi yaitu ketika waktu bunga musim berbunga yang panjang, para lebah akan mengumpulkan serbuk sari serta nektar selama musim panas berlangsung. 

Mereka juga akan mengurangi populasi di musim gugur dan akan melewati musim dingin dengan populasi yang kecil dan persedian musim dingin yang banyak. Lebah akan memproduksi dan juga menyimpan produknya yaitu madu, lilin, propolis dan sebagainya untuk digunakan para lebah itu sendiri. Lebah akan bertahan hidup dengan memakan madu selama musim dingin berlangsung dan pada periode lainnya di saat serbuk sari tidak tersedia lagi.

Memberi makan pada lebah madu merupakan campur tangan dari peternak lebah dalam guna gizi koloni, baik itu dengan menyediakan produk yang alami seperti madu dan juga olahan seperti gula. 

Hal ini digunakan sebagai pengimbang pasokan koloni yang kurangi selama pada musim dingin, dan berguna sebagai rangsangan pertumbuhan larva lebah. Peternak juga bisa menambahkan makanan yang saat peternak mengenalkan ratu baru di dalam suatu sarang lebah tersebut. 

Peternak lebah dapat menambahkan makanan selama beberapa bulan kedepan ketika tidak memilki cukup bunga contohnya pada musim awal semi atau pada akhir musim panas.

Makanan lebah yang banyak digunakan saat ini adalah sirup gula, sebaiknya peternak lebah tidak menggunakanan gula merah atau gula yang berbahan aditif, karena bisa menyebabkan disentri pada lebah. 
makanan lebah madu | +62 823-2944-0002


Peternak bisa menggunakan sirup gula cair dengan perbandingan 1:1 hal ini merupakan hal terbaik sebagai perangsang pertumbuhan larva atau pupa lebah. Ada pula peternak lebah yang menggunakan fondants khsusus dan juga pai gula sebagai makanan lebah. 

Namun hal ini haruslah diingat bahwasanya semua sirup dan fondant tersebut haruslah dengan kehati-hatian dalam memasukan kedalam sarang, karena apabila tidak maka akan menyebabkan ketertaikanya serangga dan predator lainnya.

Dan yah perlu perhatikan juga bahwa lebah madu harus mempunyai akses yang berlanjut pada air yang bersih dan juga segar agar dapat bertahan hidup dan berkembang biak. Maka dari itu jika anda ingin Budidaya Lebah Madu  haruslah memilih tempat yang memiliki sumber air alami atau buatan pada jarak yang dekat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar